Dosen Akuntansi FEB UPGRIP Lakukan PkM, MoA dan IA serta Sosialisasi di SMAN 1 Sirah Pulau Padang OKI

Dosen Akuntansi FEB UPGRIP Lakukan PkM, MoA dan IA serta Sosialisasi di SMAN 1 Sirah Pulau Padang OKI

Palembang – Humas UPGRIP

Dalam rangka menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Akuntansi Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

PkM tersebut digelar dalam bentuk pemberian penyuluhan tentang pengenalan akuntansi manajerial dalam pengambilan keputusan bisnis bagi siswa di sekolah tersebut. Pentingnya peran akuntansi dalam mencapai tujuan organisasi dan siswa-siswi harus mengetahui penggunaan akuntansi dan pentingnya akuntansi dalam sebuah perusahaan/organisasi

Tim PkM Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP tersebut diketuai oleh Mohammad Aryo Arifin, S.E,M.Si,Ak, CA yang beranggotakan 5 orang dosen yakni Jusmani, SE,.M.Si., Nurmala, SE., M.M., Emma Lilianti, SE., M.Si.., Emilda, S.E., M.Si., Ak., dan Andre Eko Putra, SE., M.M. serta dibantu oleh mahasiswa Anggun Puspitawaty.

Kegiatan PkM ini di barengi dengan kegiatan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan SMA Negeri Sirah Pulau Padang kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP Edduar Hendri, S.E., M.M., sedangkan SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang ditandatangani oleh Kepala Sekolah Yuliarti Effendy, M.Pd.

Sementara Implementation of Agreement (IA) ditandatangani masing masing oleh Ketua Program Studi Manajemen Dr. Novalia Nurkadina, S.E., M.M., Plh. Ketua Program Studi Akuntansi Hendri Saladin, M.M., dan Ketua Program Studi Bisnis Digital Erdiansyah, S.E., M.Si., diwakili oleh Dosen Tetap Yayasan Program Studi Akuntansi oleh Emma Lilianti, SE., M.Si

Ketua PkM Mohammad Aryo Arifin, S.E,M.Si,Ak, CA mengatakan, bahwa PkM ini untuk membekali siswa-siswi untuk menguasai akuntansi manajerial dalam pengambilan keputusan sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan dan menumbuhkan minat pentingnya akuntansi manajerial dalam pengambilan keputusan.

Adapun rincian materi dari kegiatan PkM tersebut yaitu M. Aryo Aripin, S.E, M.Si,Ak memaparkan tentang Peranan Akuntansi dalam Bisnis, Nurmala. S.E,M.M tentang Keputusan Penanaman Modal, Emma Lilianti, S.E, M.Si membahas tentang Penyusunan Program dan Anggaran.

Sedangkan Andri Eko Putera, S.E,M.M memaparkan materi tentang Sistem Pengendalian Manajemen, dilanjutkan dengan Emilda, S.E, Ak, M.Si tentang Analisis Hubungan Biaya Volume dan Laba dan Jusmani, S.E,M.Si. tentang Penentuan Harga Pokok Produk.

Selain menyampaikan materi dalam kegiatan PkM , dosen-dosen juga menyampaikan sosialisasi PMB. mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan pembangunan

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan bebas uang martikulasi.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang Yuliarti Effendy, M.Pd. berterimakasih kepada tim dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah memilih sekolah SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang sebagai tempat PkM,

“Semoga apa yang disampaikan oleh tim PkM dapat bermanfaat bagi siswa siswi dalam menambah wawasan pengetahuan dan menumbuhkan minat pentingnya akuntansi manajerial dalam pengambilan keputusan,” pungkasnya

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post