Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)Dosen UPGRIP mengadakan pelatihan tentang pengajaran Bahasa Inggris Lewat Metode Aplikasi Jhonny Grammar’s Word Challenge di SMAN 11 Palembang

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)Dosen UPGRIP mengadakan pelatihan tentang pengajaran Bahasa Inggris Lewat Metode Aplikasi Jhonny Grammar’s Word Challenge di SMAN 11 Palembang

Palembang – Humas UPGRIP

Guna meningkatkan kualitas penguasaan Bahasa Inggris, Tim Dosen Bahasa Inggris Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengajarkan metode Aplikasi Jhonny Grammar’s Word Challenge pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 11 Palembang.

Kegiatan Pelatihan dengan tema “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pengunaan Aplikasi Jhonny Grammar’s Word Challenge Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 11 Palembang” merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam rangka menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PkM ini diketuai oleh Hj. Noviati, M.Pd. dengan anggotanya yakni Evi Rosmiyati, M. Pd, Dewi Kartika Sari, M. Pd. , Etty Pratiwi, M. Pd. dan dibantu oleh dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Anisha Aprillia dan Amar Zaki.

Ketua PkM Hj. Noviati, M.Pd mengatakan pelatihan ini membahas tentang preposition Bahasa Inggris di SMAN 11 Palembang, mengambil preposition sebagai fokus PkM karena preposition memainkan peran penting untuk membuat siswa dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Memiliki penguasaan tata bahasa Inggris, diperlukan banyak latihan, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Penerapan aplikasi Johnny Grammar’s Word Challenge merupakan metode yang baik dan tepat untuk memperkenalkan siswa dalam mempelajari preposisi (preposition). Saat ini, sebagian besar siswa menggunakan ponsel hanya untuk bermain game, berinteraksi di media sosial, dan berkomunikasi satu sama lain.

“Dengan adanya PkM ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (soft skills dan hard skills) baik utk dosen, guru dan siswa selain itu dengan mengikuti pelatihan ini para siswa diharapkan dapat memahami tata bahasa Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan sehingga siswa dapat berbicara Bahasa Inggris secara lancar,” ujarnya.

Pelatihan ini dipaparkan oleh para dosen dengan materi yang berbeda. Mulai dari Hj. Noviati, M.Pd dengan materi berjudul Media Pembelajaran Interactive, Evi Rosmiyati, M.Pd. dengan materi Johnny Grammar’s Word Challenge, Dewi Kartika M.Pd, Etti Pratiwi dengan materi Penerapan Media, lalu kolaborasi antara Hj. Noviati, M.Pd. Evi Rosmiyati, M.Pd dengan materi Jenis- jenis Media Pembelajaran Interactive, serta kolaborasi Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Pembelajaran Interaktif Dalam Penggunaan Aplikasi Jhonny Grammar’s Word Challenge pada pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 11 Palembang.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMA Negeri 11 Palembang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah M.Edwar M.Pd mengucapkan terima kasih kepada tim dosen yang telah berkunjung ke SMA Negeri 11 Palembang dan memberikan wawasan baru.

“Semoga melalui pelatihan ini siswa diharapkan mampu menerapkan aplikasi Johnny Grammar’s Word Challenge sehingga siswa dapat memahami tata bahasa, secara komunikatif dan cerdas dalam menggunakan Bahasa Inggris,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama juga dilakukan kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) oleh para dosen yang terlibat dalam PkM ini. Semua dosen secara bergantian menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia serta yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani, dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, S.Pd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

2 Comments

  1. slot online
    December 24, 2023 at 3:51 pm

    … [Trackback]

    […] Here you can find 93189 more Information to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2022/12/11/pengabdian-kepada-masyarakat-pkmdosen-upgrip-mengadakan-pelatihan-tentang-pengajaran-bahasa-inggris-lewat-metode-aplikasi-jhonny-grammars-word-challenge-d…

  2. Douceur Beauty
    February 23, 2024 at 4:18 pm

    … [Trackback]

    […] Find More on to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2022/12/11/pengabdian-kepada-masyarakat-pkmdosen-upgrip-mengadakan-pelatihan-tentang-pengajaran-bahasa-inggris-lewat-metode-aplikasi-jhonny-grammars-word-challenge-di-sman-11-palembang/ […]

Comments are closed.

Kalender

December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post