Mahasiswa FPK UPGRIP Gelar Kunjungan Industri dan Kuliah Lapangan

Mahasiswa FPK UPGRIP Gelar Kunjungan Industri dan Kuliah Lapangan

Palembang – Humas UPGRIP

Guna menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Kunjungan Industri dan Kuliah Lapangan ke Sentral Budidaya Ikan Nila dan Ikan Mas, CV Tunas Baru Danau Ranau, dan Teluk Way Karuwi, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penandatanganan MoU, MoA dan SPK antara Universitas PGRI Palembang, Fakultas Perikanan dan Kelautan dengan CV Tunas Baru Lampung, 17-18 Desember 2023.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si. Turut mendampingi Ketua Program Studi sekaligus ketua pelaksana Sofian, S.Pi., M.Si., dosen di lingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Humairani, SPi., MSi. Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si., mahasiswa Program Studi Budi Daya Ikan (D3), Ilmu Perikanan (S1) , CV Tunas Baru dan Pesisir Pantai Krui.

Ketua Pelaksana Kegiatan Sofian, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka menciptakan suasana akademik yang baik dan mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pada tahun 2023.

“Kegiatan tersebut sejalan dengan Visi – Misi Fakultas Perikanan dan Kelautan yaitu Pada Tahun 2027 menjadi Fakultas yang Unggul, Berdaya Saing dan Berkarakter dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang berbasis Mutu di Bidang Perikanan dan Kelautan,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa kunjungan Industri dan Kuliah Lapangan dapat menjadi sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa program studi ilmu perikanan dengan melihat langsung proses produksi perikanan budidaya pada sentral budidaya ikan nila dan ikan mas di kawasan Budidaya Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) Danau Ranau, Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Senada dengan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si mengatakan bahwa dalam dunia kerja dibidang perikanan, mahasiswa akan dihadapkan dengan kondisi real yang tidak selalu sesuai dengan teori yang didapat dikelas.

“Melalui kegiatan kunjungan industri dan kuliah lapangan ini diharapkan mahasiswa mampu dan memahami ruang lingkup kerja serta mampu menerapkan ilmu yang didapatkan,” harapnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini Mahasiswa dapat belajar secara langsung kepada praktisi / penggiat budidaya serta mengamati berbagai perlengkapan usaha budidaya ikan, diharapkan mampu membuka peluang usaha setelah menyelesaikan perkuliahan.

Kalender

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post