You are here: Home
Decrease font size  Default font size  Increase font size 
JA slide show


Artikel Dosen
Kamis, 12 Oktober 2017 10:57

CARA BIJAK GUNAKAN GADGET BAGI SISWA SD

Oleh : Zahruddin Hodsay

 

            Gadget, di jaman ini siapa yang tidak kenal dan tidak butuh dengan barang satu ini? Tidak hanya bagi orang tua, bahkan anak-anak pra sekolahpun sudah mengenal gadget. Bahkan tidak sedikit anak kecil yang sudah kecanduan gadget, menangis histeris ketika gadget diambil dari genggamannya. Sedangkan bagi remaja dan orang tua, gadget telah menemaninya sepanjang waktu. Apabila tidak memegang gadget dalam beberapa jam saja, rasanya seperti ada sesuatu yang hilang dan akan segera mencari dan membukanya. Demikian juga siswa seusia Sekolah Dasar (SD), gadget orang tuanya termasuk benda yang paling sering dicari ketika pulang sekolah untuk sekedar membuka Istagram (IG), bermain games atau membuka video-video lucu dan unik yang terdapat pada YouTube.

            Gadget dalam website wikipedia berbahasa Indonesia diartikan suatu istitilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu piranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru, ia dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya. Pada kenyataannya gadget tidak hanya beredar di kalangan remaja (usia 12 sampai 21 tahun) dan dewasa atau lanjut usia (usia 22 ke atas), tetapi juga beredar di kalangan usia anak-anak (usia 7 sampai 11 tahun).  Bahkan sangat memprihatinkan sekali gadget bukan lagi menjadi barang asing untuk anak usia dini (usia 3 sampai 6 tahun) yang belum layak menggunakan gadget.

            Konon Indonesia adalah negara paling banyak warganya pengguna media sosial. Hal ini tentu berbanding lurus dengan kepemilikan dan pemanfaatan gadget. Siswa SD tentu menjadi salah satu dari pengguna gadget tersebut. Media sosial melalui gadget telah merambah dan menyasar di berbagai lini usia, tempat dan taraf ekonomi. Tidak hanya anak-anak, tapi termasuk kakek nenek. Tidak hanya penduduk yang tinggal di kota, juga sudah merambah ke berbagai pelosok desa selagi jaringan internet tersedia. Tidak hanya bagi orang yang kaya, tapi juga menyasar warga masyarakat yang memiliki taraf ekonomi menengah ke bawah. Kita menyaksikan saat ini, bukan sesuatu yang aneh lagi ketika para buruh bangunan, tukang becak, pedagang kaki lima dan pekerja kasar lainnya sudah begitu familiar menggunakan gadget dalam keseharian dan menunjang pekerjaan. Ketika mereka kembali ke rumah masing-masing, sudah barang tentu gadget tersebut akan menarik perhatian anak-anak mereka, termasuk anak usia siswa SD. 

Selanjutnya...
 
PEAC 2017
Senin, 14 Agustus 2017 12:13

Untuk Formulir Pendaftaran, Pengumuman dan Tata Tertib Perlombaan,

Silahkan klik disini, Download File

 

 
Materi Pelatihan berita di WEbsite
Kamis, 02 Maret 2017 09:32
latihan upload berita di website
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 2

Yang lagi Online

Kami memiliki 1 Tamu online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterPengunjung Hari ini30
mod_vvisit_counterPengunjung Kemairin26
mod_vvisit_counterPengunjung Minggu ini183
mod_vvisit_counterPengunjung Minggu Lalu259
mod_vvisit_counterPengunjung Bulan ini840
mod_vvisit_counterPengunjung Bulan Lalu1145
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan115816