Sabtu, 20 Agustus lalu Prodi Ilmu Perikanan (S1) Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sungsang, Kab. Bayu Asin Sumatera Selatan. Kegiatan PKM kali ini mengusung tema “Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Ilmu Perikanan (S1) Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang Bagi Ibu-Ibu Nelayan di Sungsang Kab.Banyu Asin Sumatera Selatan”.

Ibu-Ibu Peserta Pelatihan Bersama Dekan, Dosen dan Tim LP3MK

Sungsang merupakan wilayah perairan di Kab. Banyu Asin yang berbatasan dengan Selat Bangka. Di wilayah tersebut mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Oleh sebab itu Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang memilih Sungsang sebagai lokasi PKM.

Membuat Nugget dan Bakso Ikan

Tema yang diambil juga disesuaikan dengan kegiatan masyarakat setempat. Ibu-ibu (Istri Nelayan) di Sungsang membantu ekonomi keluarga dengan membuat makanan hasil olahan ikan, seperti kerupuk udang, pempek udang, tekwan udang, dan beberapa masakan olahan ikan yang sudah sering dijumpai di wilayah Sumatera Selatan pada umumnya.

 

Dalam kegiatan PKM kali ini, Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang mengadakan pelatihan kepada Ibu-Ibu di Sungsang bagaimana membuat inovasi makanan yang berbahan baku ikan, yaitu Bakso dan Nugget Ikan.

Kegiatan pelatihan pembuatan Bakso dan Nugget Ikan diikuti oleh Ibu-Ibu di Sungsang dengan sangat antusias, karena memang sebelumnya masyarakat di Sungsang belum pernah mendapatkan pelatihan pembuatan makanan-makanan berbahan baku ikan dengan inovasi-inovasi.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini dihadiri pula oleh Ketua LP3MK Universitas PGRI Palembang, Bapak Dr. Mahdad Hatim, M.Hum dan Bapak Dekan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang, Bapak Dr.Ir. Helmi Haris, MS serta Dosen-Dosen dan Pegawai Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang.