Fakultas Perikanan

The high quality products

KATA SAMBUTAN DEKAN

Sejalan dengan adanya kebijakan dasar pengembangan Pendidikan Tinggi yang diarahkan pada tiga isu utama yaitu peningkatan daya saing bangsa, otonomi peningkatan pendidikan dan peningkatan kesehatan organissasi penyelenggaraan pendidikan, maka pengembangan pendidikan tinggi perikanan di Indonesia ke depan dihadapkan kepada tantangan eksternal dan internal.

Tantangan eksternal adalah pembangunan nasional sektor kelautan dan perikanan serta persaingan global, yang keduanya menuntut tersedianya sumberdaya manusia yang profesional dan berkualitas tinggi.  Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Perguruan Tinggi perikanan di seluruh Indonesia, termasuk Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang.  Sementara itu tantangan internal yang dihadapi oleh masing-masing perguruan tinggi perikanan tentunya sangat beragam sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka Pemerintah melalui Departemen Kelautan dan Perikanan  telah meluncurkan program pemberdayaan masyarakat pelaku perikanan, antara lain melalui Program Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) dan Program Pendidikan.  Tujuan program peningkatan kualitas SDM dan program pendidikan ini adalah menghasilkan sumberdaya manusia perikanan yang memahami dan dapat menerapkan serta mengembangkan ilmu dan teknologi perikanan dalam menciptakan dan mengolah sumberdaya perikanan.

Dalam rangka itulah Fakultas Perikanan Univerrsitas PGRI Palembng berperan aktif dalam menciptakan Sumberdaya perikanan, baik ditingkat regional di Sumatera bagian Selatan maupun nasional, yaitu dengan mengelola program studi D3 Budidaya Perikanan dan Program Studi Ilmu Perikanan dengan konsentrasi Budidaya Perikanan dan Teknologi Hasil Perikanan.

Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang dalam melaksanakan kiprahnya berusaha untuk dapat menghasilkan lulusan (SDM) yang berkualitas tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja disektor perikanan dan kelautan maupun SDM yang mampu menghadapi persaingan global, dengan kualifikasi sebagai berikut:

1.Intelektual tinggi yang menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang perikanan.

2.Memahami pembangunan perikanan yang lestari dan berkelanjutan 

3.Memahami pemasaran dan perdagangan global hasil perikanan

4.Memahami kewirausahaan dan berjiwa enterpreneuship.

5.Mampu bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya dibidang perikanan

6.Memiliki kemampuan berdaptasi dengan berbagai perbedaan, sehingga mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi

7.Mampu bekerjasama dengan bangsa sendiri dan bangsa lain

Semoga dengan kualifikasi tersebut para lulusan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang, mampu bersaing ditingkat regional, nasional dan global serta menjadi SDM Perikanan yang profesional dan berkualitas. 

 

Palembang, 20 Mei 2014

Dekan,

 

 

Dr. Ir. Helmi Harris, MS

NIY. 120313

 

Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Blue Gray
Background Color
Text Color
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Scroll to top