ANALISIS LITERASI KEUANGAN DI MASYARAKAT KOTA BANDUNG

Irma Yuningsih, Andrieta Shintia Dewi, Tieka Trikartika Gustyana

Abstract


Abstrak
Semakin tingginya pendapatan tidak membuat masyarakat Indonesia khususnya Kota Bandung menjadi suka menabung. Hal tersebut dapat terlihat dari Peningkatan Produk Domestik Regional Bruto yang tidak sebanding dengan dana simpanan yang ada. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia memiliki literasi keuangan yang rendah. Literasi keuangan adalah elemen esensiil yang memungkinkan seseorang mencapai kesuksesan dalam keuangan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model pengukuran literasi keuangan, menguji invarian mengajukan tiga skala pengukuran: Financial attitude, financial behavior dan financial knowledge. Dalam hal ini, survei dilakukan dengan 385 individu pada masyarakat Kota Bandung. Untuk analisis dari data yang terkumpul menggunakan Structural Equations Modelling (SEM). Model yang valid menunjukan bahwa literasi keuangan diukur sebagai kombinasi dari financial attitude, financial behavior dan financial knowledge dan juga menunjukan variable financial behavior yang paling berpengaruh pada literasi keuangan Kota Bandung.
Kata Kunci : Financial Literacy, Financial attitude, Financial Behavior, Financial Knowledge, Structural equations modelling

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Terideksi di:

 Hasil gambar untuk gambar GOOGLE SCHOLAR

Alamat Eiditorial:

Universitas PGRI Palembang

Email    : jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com