658 Mahasiswa FKIP UPGRIP Siap Jalani PLP di Sekolah

658 Mahasiswa FKIP UPGRIP Siap Jalani PLP di Sekolah

Palembang – Humas UPGRIP

Sebanyak 658 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang siap menjalani Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahun 2024 di berbagai sekolah di Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Proses penyerahan PLP dibuka oleh Ketua BPH PB PGRI Pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Wakil BPH PB PGRI Pada Universitas PGRI Palembang Drs. H. Lukman Haris, M.Si dan didampingi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Lantai 5., Sabtu (23/3/2024).

Turut hadir Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M,Pd., CIQaR., diwakili oleh Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan Hj. Eko Diani Hartini, S.Kom., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Lukmanul Hakim, S.H., para dosen pembimbing, para kepala sekolah atau yang mewakili, para mahasiswa, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Dekan I FKIP UPGRIP Hetilaniar, M.Pd., dalam laporannya mentatakan bahwa Peserta PLP merupakan mahasiswa FKIP yang telah menempuh mata kuliah prasyarat dan sudah mengikuti Microteaching. Peserta merupakan mahasiswa semester 6 yang telah menempuh minimal 104 sks dengan kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum MBKM.

“Dari 1166 mahasiswa semester 6, yang mengikuti PLP sebanyak 658 orang. Sementara itu 489 orang mengikuti program Kampus Mengajar dan 29 orang mengikuti program PMM. Prodi yang mengikuti PLP terdiri dari 13 Program Studi,” ujarnya.

Lanjutnya, PLP dilaksanakan di TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Negeri maupun Swasta yang ada di kota Palembang. Setiap sekolah diikuti oleh 11 – 13 mahasiswa kecuali untuk program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) di ikuti oleh 3 – 4 mahasiswa. Mahasiswa peserta PLP berjumlah 658 mahasiswa, yang ditempatkan pada 2 TK/PAUD, 44 Sekolah Dasar, 4 SMP, 7 SMA, dan 2 SMK di Kota Palembang.

Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya menyampaikan PLP ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, berdisiplin dan mengetahui tata cara menjadi seorang guru. Untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa telah dibekali dengan berbagai mata kuliah yang menunjang kegiatan PLP dan pengembangan profesionalisme di dunia kerja.

Pihaknya berharap kepada seluruh mahasiswa peserta PLP agar dapat menjaga sikap, etika, dan kesopanan, memahami adat istiadat, serta mengagendakan program kerja unggulan yang bermanfaat bagi para siswa ditempat

“Seperti halnya peribahasa di mana langit dipijak di situ langit dijunjung. Jaga kesantunan ciri khas mahasiswa FKIP UPGRIP adalah TRUST yakni Tawarkan bantuan, Ramah tamah, Utama keprofesionalan, Sepenuh hati dan ucapkan terima kasih “Ujarnya.

Sementara itu Wakil BPH PB PGRI Pada Universitas PGRI Palembang Drs. H. Lukman Haris, M.Si mengatakan dengan kegiatan PLP ini mahasiswa diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan ada manfaatnya bagi semua pihak serta Mampu berkomunikasi dengan siswa dan seluruh tenaga kependidikan atau juga dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

“Apalagi PLP ini sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menyiapkan tenaga kependidikan dan keguruan yang memiliki kemampuan terapan, akademik dan profesional, memberikan suatu pelatihan yang maksimal bagi mahasiswa calon guru berupa pembuatan RPP atau Modul Ajar dan praktik mengajar di sekolah,” pungkasnya.

Kalender

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori Post