Visi

Pada tahun 2025 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan lulusan yang  professional, berdaya saing serta dapat berperan aktif dibidang pendidikan Bahasa Inggris di Sumatera Selatan

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam suasana akademik edukatif untuk menghasilkan tenaga dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Menciptakan lulusan yang memiliki wawasan enterpreneurship dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan siap untuk mengikuti perkembangan zaman.
  3. Melaksanakan pembinaan dan peningkatan kompetensi tenaga akademik melalui penelitian, seminar, lokakarya, dan studi lanjut.
  4. Melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu pendidikan Bahasa Inggris, sehingga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat menghasilkan tenaga peneliti dan ilmuwan dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  5. Menciptakan budaya akademik yang kondusif dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki secara optimal, mendorong civitas akademika dan tenaga pendukung untuk mengembangkan gagasan baru yang dapat disumbangkan kepada masyarakat sebagai tugas pengabdian yang harus diemban, serta responsive terhadap perubahan sosial budaya.
  6. Melakukan pengkajian dan penerapan IPTEK yang berkaitan dengan pendidikan Bahasa Inggris.
  7. Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lain yang memiliki visi dan misi yang selaras dari dalam dan luar negeri.
  8. Meningkatkan kerjasama yang sinergis dengan pengelola pendidikan tingkat daerah, nasional, dan regional dalam rangka distribusi penggunaan lulusan dan peningkatan mutu pendidikan.

 

 

Tujuan Pendidikan

Tujuan program Studi pendidikan Bahasa Inggris adalah;

  1. Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pada bidang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Menghasilkan tenaga Enterpreneurship yang handal di bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan siap untuk mengikuti perkembangan zaman.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Menghasilkan lulusan yang dapat mengakses teknologi informasi dan diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang memiliki daya saing tinggi di Sumatera Selatan dalam melaksanakan tugas secara kreatif dan inovatif.
  6.  Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

 

Sasaran

1.    Internal

a.         Kurikulum berbasis kompetensi dapat terimplementasi dengan baik;

b.        Kualitas akademik dan fungsional dosen meningkat;

c.         Kemampuan softskill mahasiswa meningkat;

d.        Profil kelulusan mahasiswa (IPK dan masa studi) baik, IPK rata-rata minimal 3.20;

e.         Masa lulusan mendapatkan pekerjaan pertama semakin singkat, minimal 6 bulan;

f.         Kualitas aktivitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri;

g.        Kualitaspenelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa semakin meningkat;

h.        Kualitas aktivitas dosen-mahasiswa dalam bidang pengabdian kepada masyarakat semakin meningkat.

 

 

2.    Eksternal

a.    Terciptanya kerjasama dengan instansi lintas sektoral;

b. Memiliki keterampilan dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dibidang Pendidikan Bahasa Inggris.

 

Strategi Pencapaian

1.    Strategi Jangka Pendek tercapai pada tahun 2014-2015

a.    Indeks prestasi kumulatif  mahasiswa 3.20 atau lebih;

b.    Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dalam bahasa Inggris, pada mata kuliah speaking dan listening mahasiswa rata-rata nilai B (baik);

c.    Masa tunggu kerja maksimal 6 (enam) bulan;

d.   Setiap perkuliahan dilengkapi dengan bahan ajar, SAP 90%;

e.    Tingkat kehadiran dosen disetiap perkuliahan minimal 95%-100%;

f.     Tingkat kehadiran mahasiswa disetiap perkuliahan mencapai 95%-100%;

2.    Strategi jangka Menengah (2014-2018)

a.    Masa studi paling lama 4,5 tahun;

b.    Dosen berpendidikan S2 menjadi 100%;

c.    Dosen berpendidikan S3 menjadi 15%;

d.   Sarana prasarana penunjang untuk proses belajar mencapai 90%;

e.    Pembelajaran menggunakan Informasi Computer Tehnology (ICT) sudah mencapai 80%;

f.     Bidang penelitian, diarahkan untuk dosen agar melaksanakan penelitian ilmiah dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris minimal 1 penelitian/semester /dosen.

g.    Penelitian kolaborasi bersama mahasiswa minimal 1 penelitian/ tahun/ kelompok (2-4 orang).

h.    Menulis Artikel dalam jurnal minimal 1 artikel/semester/dosen.

i.      Menulis buku/ modul/diktat 1 buah/tahun/kelompok dosen (2-4 orang).

j.      Kegiatan pengabdian pada masyarakat minimal 1 kegiatan/semester/dosen.

 

 

3.    Strategi Jangka Panjang (2014-2025)

a.    Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek proses pembelajaran, pengembangan profesionalisme, dan akademis lainnya pada setiap semester dapat terpenuhi minimal 95%;

b.    Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek pembinaan minat dan bakat pada setiap semester dapat terpenuhi minimal 95%;

c.    Tingkat produktifitas lulusan minimal 95%.