Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris didirikan pada tanggal 02 Mei 1984 dengan Nomor SKpendirian program studi No.635/M.05.02/Kop.II/1984. Sedangkan izin operasional penyelenggaraan Program Studi sesuai dengan tanggal SK 09 November 2009 s.d 19 April 2014 No.3837/D/T/K-II/2009. Program Studi pendidikan Bahasa Inggris adalah unsur pelaksanaan akademik pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas PGRI Palembang untuk melaksanakan pendidikan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan.

 

            Upaya mewujudkan visi, misi, sasaran dan tujuan yang akan dicapai oleh program studi, langkah yang diambil adalah melakukan usaha-usaha pembinaan terhadap dosen dan tenaga kependidikan program studi serta seluruh civitas akademika untuk memahami dan berkomitmen terhadap visi, misi, sasaran dan tujuan program studi. Langkah berikutnya, yaitu melakukan penyebaran informasi kepada mahasiswa dengan cara disosialisasikan keseluruh pemangku kepentingan yang meliputi: civitas akademika (dosen dan mahasiswa), para ahli/pakar, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan dan masyarakat.

            Sosialisasi dilakukan melalui berbagai sarana dan kesempatan yang ada, seperti website Universitas, FKIP, dan program studi pendidikan Bahasa Inggris, media cetak, buku pedoman, brosur, pamplet, kegiatan OPDIK mahasiswa baru, kegiatan PPL, KKL disekolah-sekolah, display diruang jurusan dan program studi, ruang kelas, dan dipasang juga ditempat strategies yang mudah dibaca oleh seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan FKIP Universitas PGRI Palembang.

Pencapaian visi dan misi, sasaran dan tujuan pada program studi pendidikan Bahasa Inggris sangat didukung oleh yayasan, Universitas, Fakultas dan unit-unit yang terkait. Bentuk dukungan itu antara lain disediakannya sumber daya manusia dosen dan tenaga kependidikan. Program studi pendidikan bahasa Inggris memilki tiga kategori dosen yaitu: Dosen Tetap Yayasan, Dosen PNSD, dan Dosen Tidak tetap. Saat ini dosen yang ada di Program studi pendidikan bahasa Inggris berjumlah orang yang terdiri dari 21 orang Dosen tetap yayasan sesuai dengan program studi dan orang Dosen tetap yayasan tidak sesuai dengan program studi, serta 03 orang dosen Tidak tetap.