Edukasi Inovatif, Atasi Adiksi Game Online

   

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang mendapatkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2018. PKM-M yang diketuai oleh Devi Herlina ini dilakukan di MTs Patra Mandiri Palembang mengangkat tentang edukasi inovatif untuk meminimalisir adiksi Game Online.

Devi bersama rekannya Desty Fitriany dan Arlika Wahyuni melihat anak-anak zaman sekarang sangat dekat dengan gadget dan game online hingga muncullah ide untuk mengatasi adiksi game online tersebut. Saat ditemui di prodi Fisika, Devi menjelaskan tentang bahaya game online. Bermain game secara berlebihan (compulsive game) sangat berbahaya, sebab adiksi game online dapat menyababkan gangguan kejiwaan sekaligus merusak tatanan kehidupan pribadi maupun sosial. Saat pelajar tidak bisa mengakses game online secara pribadi di rumahnya, kini dipermudah dengan fasilitas-fasilitas yang beredar di masyarakat seperti gadget. Hal ini membuat pelajar bisa mengakses game online kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu sehingga menyebabkan pelajar menjadi adiksi game online. “Kami berharap setelah dilakukan PKM-M ini, siswa dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti pembuatan lensa dan dongkrak hidrolik” tutur Devi.

PKM-M yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang ini dilaksanakan dibawah bimbingan dosen Prodi Pend. Fisika, Sugiarti, M.Pd. Ibu yang biasa disapa Bu Atik ini mengaku sangat antusias dalam membimbing para mahasiswanya dalam pelaksanaan PKM-M tersebut. “Kami berusaha memberikan edukasi inovatif berupa pembuatan alat peraga fisika untuk mengalihkan mindset siswa terhadap game online sehingga mereka dapat memanfaatkan waktunya untuk bereksperimen pembuatan alat peraga” ungkap ibu satu anak ini.

Kegiatan PKM-M ini sangat didukung oleh Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. Beliau berharap pengajuan proposal PKM ke Kemenristek Dikti tahun ini lebih banyak lagi sehingga kesempatan untuk menang lebih banyak pula. Dekan juga mengucapkan selamat kepada pemenang hibah tahun pelaksanaan 2018 dan beliau berpesan kepada para mahasiswa pemenang hibah agar memanfaatkan fasilitas yang ada di FKIP Universitas PGRI Palembang untuk menunjang pelaksanaan PKM-M atau PKM-P.