Selamatkan Bumi dengan Menanam Pohon

 
Setiap tanggal 28 April diperingati Hari Bumi yang merupakan hari keanekaragaman hayati. Kesadaran manusia terhadap kelestarian lingkungan sangat penting agar kerusakan-kerusakan yang terjadi di bumi dapat diminimalisir dan dapat ditanggulangi sejak dini. Dalam peringatan Hari Bumi, Prodi Geografi FKIP UPGRI Palembang mengadakan penanaman pohon di Kelurahan Bukit Sangkal dan di sekeliling Sungai Retensi yang luasnya kurang lebih 2 hektar yang juga berada di Kelurahan Bukit Sangkal Kec. Kalidoni, Palembang. Dalam kegiatan ini lebih kurang 220 orang terlibat. Turut hadir Ketua RT 37, RT 38, RT 39, Pecinta sungai kota Palembang, Lurah Kalidoni, Lurah Bukit Sangkal, serta dosen dan mahasiswa Prodi Geografi.  Tanaman yang ditanam merupakan tanaman bibit unggul dari BPDAS Provinsi Sumatera Selatan. Acara penanaman pohon diawali oleh Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M. M., M. Si. dan Dekan FKIP UPGRI Palembang, Dr. Dessy Wardiah, M. Pd.
Rektor sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Geografi ini karena dengan menanam satu pohon saja kita telah membantu orang banyak. "Kita hidup sangat membutuhkan oksigen. Dengan menanam satu pohon saja, maka kita telah membantu kehidupan banyak orang" ungkapnya (9/5). 
Demikian halnya Dekan FKIP UPGRI Palembang yang selalu mendukung dalam setiap kegiatan program studi demi meningkatkan mutu fakultas. Dalam kegiatan tersebut beliau mengharapkan kegiatan ini tidak berhenti di sini. "Saya berharap kegiatan seperti ini dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya dilakukan kali ini saja", harapnya. 

Ketua Pelaksana kegiatan, Drs. Sukardi, M. Pd.  mengungkapkan, "Menanam pohon merupakan salah satu kontribusi terhadap perbaikan lingkungan. Kami berharap dengan diadakannya kegiatan tanam pohon ini area di sekitar Sungai Retensi suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi penduduk setempat maupum bagi lingkungan sekitarnya dan menjadi salah satu penyumbang oksigen bagi kehidupan manusia di bumi".