Studi Banding dan Field Trip Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang ke IPB, UGM dan ITB

Created: 25 April 2018 Hits: 316

Untuk memperluas jaringan dan membuka wawasan mahasiswa, Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang melakukan kegiatan studi banding dan  field trip ke tiga kota di pulau Jawa yaitu Bogor, Yogyakarta dan Bandung. Sebanyak 53 orang mahasiswa dari program studi Biologi dan Fisika serta 6 orang dosen pembimbing termasuk Dekan FMIPA dilepas langsung oleh rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian MM, M.Si. di hari keberangkatan pada sabtu, 14 April lalu di halaman Gedung Guru PGRI Sumatera Selatan. Rektor Universitas PGRI Palembang berpesan bahwa ini merupakan kesempatan baik khususnya bagi mahasiswa MIPA untuk bisa memperluas pengetahuan dan pengalaman dengan melakukan kunjungan ke Perguruan Tinggi besar di Indonesia.

        Kegiatan Studi Banding dan Field Trip Fakultas MIPA ini berlangsung selama kurang lebih 8 hari dengan Universitas yang dituju yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Sebelum menuju Bogor, pada hari kedua rombongan juga melakukan kunjungan lapangan ke Dunia Air Tawar dan Serangga serta Museum Kupu-kupu di TMII, Jakarta. Melalui kunjungan ini, mahasiswa khususnya dari program studi Biologi dapat melakukan pengamatan langsung terhadap spesies-spesies ikan air tawar di Indonesia. Begitu pula dengan keragaman serangga dan kupu-kupu. Kunjungan lapangan berikutnya dilanjutkan ke Kebun Raya Bogor. Di sini mahasiswa juga medapatkan tugas untuk mengidentifikasi keberagaman spesies tumbuhan, termasuk tumbuhan langka yang ada di Kebun Raya Bogor.

 

               

Pada hari selanjutnya studi banding dilanjutkan di Kampus IPB. Rombongan diterima oleh Dosen sekaligus Staf Dekanat FMIPA IPB, Ir. Meuthia Rachmaniah, M.Sc. Setelah pemaparan dan presentasi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium-laboratorium di Departemen Fisika dan Biologi FMIPA IPB. FMIPA IPB menyambut baik kunjungan ini dan membuka kerjasama seluas-luasnya kepada FMIPA Universitas PGRI Palembang khususnya jika ada mahasiswa atau dosen yang ingin melakukan praktikum dan penelitian di FMIPA IPB. Begitu pula keesokan harinya saat kunjungan di UGM, Yogyakarta. Mahasiswa berkesempatan mengunjungi laboratorium-laboratorium di Fakultas Biologi dan Departemen Fisika UGM.

 

Setelah dari UGM, rombongan FMIPA Universitas PGRI Palembang juga melanjutkan kunjungan lapangan ke Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA LIPI) Yogyakarta yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Bapak Safitri Widodo, S.E. selaku Ka.Sie Layanan Jasa dan Informasi BPTBA LIPI memaparkan bahwa BPTBA tidak hanya melayani kunjungan lapangan, namun juga siap jika ada mahasiswa yang ingin melakukan praktek kerja lapangan di BPTBA LIPI Yogyakarta. Selain itu kesempatan untuk berkolaborasi dalam penelitian dengan dosen dan peneliti di BPTBA juga terbuka luas. Rombongan FMIPA Universitas PGRI Palembang juga diajak berkeliling ke unit-unit yang ada di BPTBA seperti fasilitas tenaga surya dan biogas, fasilitas penelitian ternak sapi, dan fasilitas pengolahan cokelat. Kunjungan industri pada hari selanjutnya dilakukan di pabrik gula PT Madubaru PG PS Madukismo, Bantul. Pabrik ini mulai beroperasi pada tahun 1955 atas prakarsa Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Di pabrik ini mahasiswa diajak melihat tahapan produksi gula dan hasil sampingannya yaitu produk alkohol dan spritus.

Kunjungan terakhir dilakukan di ITB, yaitu Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH). Rombongan disambut oleh Dekan SITH, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Tjandra Anggraeni. Disamping mahasiswa melakukan kunjungan ke laboratorium-laboratorium, pada saat yang bersamaan juga dosen-dosen FMIPA melakukan diskusi degan pihak dekanan SITH berkaitan dengan rencana kerjasama yang akan dilakukan antara Universitas PGRI Palembang dan ITB serta FMIPA dengan SITH.(***)

Gallery
Loading images...