Kenalkan Siswa Tentang Peran Fisika dalam Bidang Kesehatan

Created: 28 March 2018 Hits: 133

Fisika merupakan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang wajib diikuti siswa sejak bangku sekolah menengah pertama dan atas. Materi pelajaran yang diberikan identik dengan rumus-rumus dan peristiwa alam yang biasanya dianggap rumit, sulit dipahami dan memberatkan bagi siswa. Sehingga mata pelajaran ini menjadi kurang menarik dan sedikit peminatnya dibandingkan dengan mata pelajaran IPA lainnya. Padahal, banyak sekali konsep dasar ilmu Fisika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk di bidang kesehatan. Hal inilah yang diusung oleh Tim Dosen Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Talang Kelapa, Banyuasin 28 Februari kemarin.

            Kegiatan PKM ini merupakan agenda rutin program studi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dosen yang dilakukan baik ke sekolah-sekolah maupun masyarakat umum di Sumatera Selatan. Kegiatan yang dilakukan pada semester genap t.a 2017/2018 kali ini mengangkat tema ‘Peran Fisika dalam Bidang Kesehatan’. Program studi Fisika ingin mengenalkan kepada siswa-siswi SMA khususnya kelas XII, bahwa ilmu Fisika itu tidak hanya berisi rumus-rumus saja, namun banyak penerapannya di bidang-bidang lain seperti energi, lingkungan, dan juga kesehatan. Contoh sederhananya, radiasi HP yang kita gunakan ini. Itu sebenarnya kan kajian dalam ilmu Fisika tentang gelombang elektromagnetik,” ujar Dekan FMIPA, Dr. Syaiful Eddy, M.Si. saat membuka acara PKM.

           

Pemateri yang merupakan tim dosen Fisika FMIPA menyampaikan beberapa alat yang penggunaannya menggunakan konsep Fisika, seperti termometer, mesin rontgen, MRI, dan CT-scan. Mereka juga mengenalkan alat-alat yang ditemukan oleh ilmuwan Fisika Indonesia yang bisa digunakan untuk deteksi dan pengobatan kanker. “Banyak sekali konsep ilmu Fisika yang tanpa disadari dipakai dalam kehidupan sehari-hari termasuk pada bidang kesehatan. Bidang kesehatan yang tentunya bersentuhan langsung dengan jurusan kedokteran menjadi jurusan kuliah terfavorit selama ini. Sedangkan Fisika kesehatan atau yang lebih dikenal dengan fisika medis belum banyak dikenal siswa dan masyarakat. Cabang ilmu Fisika ini menerapkan konsep dan metodologi fisika dalam bidang kesehatan khususnya dalam diagnosis dan pengobatan penyakit,” ujar salah satu pemateri, Atina, M.Si dalam penyampaian presentasi.

 

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa kepada pemateri saat penyampaian presentasi berlangsung. “Semoga setelah kegiatan ini, siswa-siswi kami terbuka wawasannya tentang ilmu Fisika yang sedang berkembang saat ini, “ ujar Drs. Amriyadi, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMA Negeri 1 Talang Kelapa saat acara penutupan kegiatan PKM.(***)

Gallery
Loading images...