Manfaatkan Tenaga Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif

Created: 16 September 2017 Hits: 43

Energi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia di muka bumi. Selama ini kebutuhan energi kita biasanya bersumber dari energi fosil seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Namun sayangnya ketersediaan energi ini semakin menipis dan pengunaannya dalam jangka panjang dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu penggunaan sumber energi alternatif terbarukan dan ramah lingkungan sangat penting diketahui oleh masyarakat. Hal inilah yang diusung Dosen Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

            Kegiatan yang merupakan agenda semester ganjil 2017/2018 ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang, Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir, 16 September 2017 kemarin dengan mengangkat tema “Penggunaan Sinar Matahari Sebagai Sumber Energi alternatif”. “Program Studi Fisika ingin mengenalkan sumber energi alternatif khususnya tenaga matahari kepada siswa. Kami juga tadi menunjukkan alat peraga sederhana yang bisa mengubah panas matahari menjadi energi listrik yang bisa digunakan sebagai charger HP dan powerbank,” ujar Dekan FMIPA, Dewi Rosanti M.Si setelah kegiatan berlangsung.

 

            Kegiatan PKM Dosen ini memang merupakan agenda rutin Program Studi Fisika yang dilakukan baik ke sekolah-sekolah maupun masyarakat umum di Palembang dan luar kota Palembang. Instruktur dan penyuluh sendiri merupakan dosen tetap pada Program Studi Fisika FMIPA UPGRI Palembang. “Program studi Fisika memang mempunyai misi untuk mengenalkan IPTEK kepada masyarakat, khususnya di bidang energi. Ke depannya, tidak hanya tenaga matahari, namun juga sumber energi alternatif lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan di daerah Sumatera Selatan ini seperti air sungai dan biomassa,” tambahnya.

 

            Kepala Sekolah SMA Negeri 1 SP Padang, Drs. Andi Askar menyambut baik kegiatan ini. “Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, siswa kami mendapat pencerahan tentang teknologi yang sedang berkembang saat ini dan merekapun bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. (***)

    

Gallery
Loading images...