Terapkan Teknik Hidroponik Sebagai Bekal Entrepreneur

Created: 16 September 2017 Hits: 24

Berbicara entrepreneur bukan merupakan sesuatu yang asing saat ini. Generasi muda wajib dibekali jiwa entrepreneur, untuk bekal masa depan. Hal inilah yang diusung Dosen Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas PGRI  Palembang, dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen, sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang merupakan agenda semester genap 2016/2017 itu, kali ini difokuskan di Madrasah Aliyah Negeri Sakatiga Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir, 22 Juli 2017 lalu. “Program Studi Biologi memang menfokuskan tentang penerapan dasar-dasar hidroponik bagi siswa  sekolah, sebagai bekal entrepreneur. Bila siswa sudah memahami tekniknya, dapat menerapkan sendiri di rumah, dan pada akhirnya hasil panen dapat menghasilkan uang,’ ujar Dekan FMIPA, Dewi Rosanti M.Si, di sela-sela acara kegiatan.

Kegiatan tersebut memang merupakan agenda  rutin Program Studi Biologi, ke sekolah sekolah di Palembang dan luar Palembang. Instruktur sendiri  merupakan  dosen tetap pada Program Studi Biologi UPGRI Palembang. “Dalam waktu dekat, kami sudah memprogramkan pelatihan pengembangan teknik hidroponik bagi siswa sekolah di Palembang, bahkan Sumatera Selatan. Selama ini kami melihat perangkat hidroponik di sekolah-sekolah belum digunakan dengan tepat sesuai dengan pengertian hidroponik sendiri. Kebanyakan medianya masih media tanah, sehingga hasil yang diharapkan tidak bagus,” tambahnya.

           Kepala Sekolah MAN Sakatiga, Muslim Arif, S.Pd.,M.Si, menyambut baik kegiatan ini. “Mudah-mudahan siswa kami dapat menerapkan  teknik hidroponik ini sebagai bahan pembelajaran dan dasar entrepreneur siswa, tukasnya. (***)

Gallery
Loading images...