Sejarah Fakultas

Created: 26 February 2014 Hits: 957

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia didirikan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas Nama Menteri Pendidikan Nasional No. 97/D/O/2000 tanggal 9 Juni 2000.

Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang dipimpin oleh seorang Dekan yang dibantu oleh 3 orang wakil dekan, dan 2 orang ketua jurusan Biologi dan Fisika serta unsur pendukung akademik. Masing-masing mempunyai fungsi dan wewenang yang jelas dan tertuang dalam job description Fakultas MIPA. Fungsi dan Wewenang dan unit berjalan dengan baik.

Dalam menjalankan fungsi dan wewenang masing masing unsur pimpinan berpedoman kepada Statuta Universitas, Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana dan Strategi (Restra) Universitas yang difokuskan kepada hal-hal sebagai berikut: (i). Sistem Monitoring dan Evaluasi, (ii). Pengembangan sarana dan prasarana, (iii). Peningkatan jumlah mahasiswa dan kualitas lulusan, (iv). Pengembangan kualifikasi pendidikan staf dan tenaga pendukung akademik.

Dalam operasional sehari-hari Fakultas MIPA mengacu pada kebijakan dasar dan pedoman Statuta Universitas yang meliputi aspek-aspek (i). Pengembangan dan penyelengaraan akademik, (ii). Sistem tata nilai dan kebijakan akademik, rumusan norma dan tolak ukur penyelenggaraan kegiatan akademik, (iii). Penjenjangan akademik,  kecakapan keperibadian civitas akademik, (iv). Peraturan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan, (v). Prosedur pengambilan keputusan. (vi). Monitoring dan evaluasi mengenai pelaksanaan berbagai kebijakan dan pemanfaatan hasil.

Dalam penyelengaraan pendidikan, dosen merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan penyelenggraan pendidikan. Untuk menunjang keberhasilan penyelenggaran pendidikan di Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang dilakukan seleksi yang dilakuan atas dasar seleksi dengan syarat-syarat sebagai berikut: (i). Sarjana (S2) yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (ii). Berwawasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, (iii). Memiliki kualitas dan kompetensi, (iv). Mempunyai moral dan integritas yang tinggi, (v). Mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara, (vi). Dan syarat-syarat lain yang ditentukan oleh pimpinan Universitas PGRI Palembang.

 Untuk   program studi Biologi dan Fisika disyaratkan memiliki kreteria sebagai berikut: (i). Memiliki ijazah yang sesuai dengan keahlian yang ditentukan, (ii). Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 2 tahun dan  memiliki indek prestasi sekurang kurangnya 3,50 0 (tiga, dua lima) untuk lulusan PTS dan 3,0 (tiga, dua lima) untuk lulusan PTN.

Untuk saat ini Fakultas MIPA (program studi Biologi dan Fisika) memiliki Ratio 1: 8,9. Ratio dosen dan mahasiswa untuk program studi Biologi 1: 13,3, sedangkan untuk program studi Fisika 1: 1,4. Adapun komposisi dosen Fakultas MIPA sebagai berikut: dosen tetap yayasan berjumlah 13 orang (66 %), dosen tetap PNSD 6 orang (34 %). Berdasarkan jenjang pendidikan, dosen berijzah S1 berjumlah 4 orang (22 %), S2 (78 %). Dari 19 orang dosen tersebut yang berpengalaman mengajar lebih dari 10 tahun sebesar 42 %, sisanya 58 % mempunyai pengalaman mengajar kurang dari 10 tahun. Sampai saat dosen dosen Fakultas MIPA yang memiliki jenjang jabatan akademik berjumlah 14 orang dosen atau 74 %, sisanya sedang proses pengusulan. Dari 19 orang dosen tetap yang sudah memiliki jenjang akademik Lektor Kepala 1 orang atau 5 % , Lektor 3 orang atau 16 %, Assisten Ahli 9 orang atau 47 %, sisanya 6 orang atau 32 % sedang proses pengusulan.

Pembinaan karier dosen untuk meningkatkan profesionalisme dosen agar memperoleh gelar Magister dan Doktor dilakukan dengan ketentuan bahwa yang memiliki gelar Magister diberikan tunjangan mengajar sebesar Rp. 100.000,-, dan gelar Doktor sebesar Rp. 150.000,- setiap bulan. Bagi dosen yang berprestasi diberikan promosi jabatan.

Tugas utama seorang dosen adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi)

              

Palembang,  17 Februari  2014

Dekan,

 

 

Drs. Syamsul Rizal, M.Si  

Gallery
Loading images...