Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Published Date Hits: 638

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen bagi Dosen Tetap Yayasan (DTY) dan PNSD Dpk di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang selama 4 hari yang berlangsung pada tanggal 3, 11, 14, dan 19 Mei 2016 bertempat di Ruang 406 Lantai IV Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Palembang, Jl. Jendral. A. Yani Lr. Gotong Royong Kelurahan 9/10 Ulu Darat Plaju Palembang.

Sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Maliah, S.E., M.Si melaporkan bahwa Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen diperuntukkan bagi dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Pelatihan ini adalah bagian dari pelaksanaan Program Kerja Gugus Penjamin Mutu Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2015-2016. 

”Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 39 orang DTY dan PNSD Dpk di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang, yang berasal dari Program Studi Manajemen sebanyak 23 orang dan yang berasal dari Program Studi akuntansi sebanyak 16 orang. Pelatihan akan diselenggarakan selama 4 hari penuh dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, yaitu tanggal 3, 11, 14, dan 19 Mei 2016. Pelatihan tanggal 3 Mei 2016 materinya adalah Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD), tanggal 11 Mei 2016 materi pelatihannya adalah Penulisan Proposal dan Pelaporan Hasil Penelitian, tanggal 14 Mei 2016 materi pelatihannya adalah Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen, dan pelatihan berakhir tanggal 19 Mei 2016 materinya adalah Pengolahan Data dan Analisa Hasil Penelitian” ujar Maliah, S.E., M.Si

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M. mengatakan bahwa penyelenggaraan pelatihan dimaksud untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tri Darma Perguruan Tinggi berupa Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen yang berkarier di suatu perguruan tinggi.

“Melalui Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen ini diharapkan semua dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang memiliki Jenjang Jabatan Akademik dan semakin banyak pula dosen yang bersertifikasi sebagai dosen profesional,” ujar Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M.

Dalam kata sambutannya pada saat pembukaan pelatihan, Prof. Dr. H. M. Djahir Basir, M. Pd., yang hadir mewakili Ketua Umum YPLP PT-PGRI Provinsi Sumatera mengingatkan kepada seluruh peserta agar pelatihan ini dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka seluruh peserta pelatihan yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang diharapkan meningkatkan kompetensi akademiknya; seperti terjadi peningkatan dalam kuantitas dan kualitas hasil penelitian, terjadi peningkatan dalam jenjang/ pangkat jabatan akademik, dan semakin banyak dosen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang lulus dalam sertifikasi dosen.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M., mengatakan dosen merupakan pilar dalam suatu fakultas, untuk itu peningkatan kompetensi dosen adalah mutlak dilakukan. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang dinilai berhasil meningkatkan kompetensi dosennya dan ini dapat dibuktikan dengan hampir seluruh dosen tetapnya telah memiliki Jenjang Jabatan Akademik.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan ini dapat memotivasi seluruh dosen tetap di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang untuk semakin meningkatkan kompetensi akademiknya, sebab maju mundurnya suatu fakultas bergantung kepada pribadi dosennya masing-masing,” ujar Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M.

Di bagian lain sambutannya, Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M. selaku Rektor Universitas PGRI Palembang mengingatkan bahwa persaingan dalam dunia kerja semakin tinggi, untuk itu diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang semakin berkualitas. Perkembangan ekonomi syariah saat ini semakin pesat, untuk itu Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang ke depan perlu memikirkan mendirikan Program Studi Ekonomi Syariah untuk menjawab tantangan perkembangan kebutuhan akan SDM di bidang ekonomi syariah tersebut. (murry)